2017-10-26

SINGKIRKAN KOMEDO TANPA MERUSAK KULIT? SURE YOU CAN!

Our skin is everything. We believe you are with us. Memperlakukan kulit jelas tidak bisa sembarangan. Apalagi ketika komedo atau jerawat menghadang. Tidak sedikit dari kita yang keburu panik, lalu asal-asalan memencetnya dengan kuku karena ingin segera menyingkirkan si kecil-kecil yang menjengkelkan tersebut. Tapi tahu tidak, memencet komedo maupun jerawat dengan kuku hanya akan merusak kulit.

Seperti yang dikatakan oleh dermatologist S. Manjula Jegasothy, MD, CEO sekaligus founder Miami Skin Institute. Jika ada satu hal yang tidak boleh dilakukan pada kulit kita, maka itu adalah tidak mengekstrak pori-pori dengan kuku atau benda tajam. Alasannya, ekstraksi seperti ini menyebabkan infeksi bakteri, kemampuan kulit menyembuhkan diri jadi lebih lambat, dan bisa meninggalkan acne scar. Tidak ingin wajah jadi penuh bopeng, kan.

Lalu, bagaimana cara terbaik membersihkan pori-pori serta jerawat? Dr. Jegasothy menyarankan melakukannya dengan alat yang lembut dan tidak tajam, yang efektif mengangkat kotoran di pori-pori tanpa merusak kulit. Dan memang, sebaiknya dilakukan oleh profesional. Tapi jika terdesak, tetap bisa dilakukan sendiri di rumah dengan beberapa panduan berikut.

1. Pastikan ekstraksi dilakukan ketika wajah dalam keadaan hangat. Idealnya, setelah cuci muka dengan air hangat, saat pori-pori sedang terbuka sehingga ekstraksi jadi lebih mudah.

2. Bersihkan dulu tangan dan jari dengan pembersih antibakteri. Clean hands is a must!

3. Lapisi jari dengan tissue atau kain lembut untuk memberi penghalang antara kulit dan kuku.

4. Pijat dan tekan jari dengan arah memutar secara lembut untuk menarik keluar semua kotoran di dalam pori-pori.

5. Kalau tidak suka cara tersebut, Dr. Jegasothy memberikan alternatif dengan cara mengoleskan salicylic acid 2% ke area bermasalah selama 10 menit. Salicylic acid dapat membantu membersihkan pori tanpa perlu memencet kulit. Ingat, jangan pencet komedo dan jerawat dengan kuku.